Bandar Lampung Perlu Jalur Khusus Sepeda
DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI LAMPUNG
(0721) 470209
Follow:

Bandar Lampung Perlu Jalur Khusus Sepeda

Efek pemanasan global (global warming) mengancam penduduk di belahan dunia mana pun, termasuk Indonesia. Tak heran jika banyak negara yang berlomba-lomba mengantisipasi dampak pemanasan global, meski dengan caranya masing-masing.

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Lampung IB Ilham Malik menjelaskan, pemanasan global memang tidak bisa dihindari. Tapi, bukan berarti tidak bisa dikurangi dampaknya.

Menurut dia, jika Bandar Lampung ingin mendapatkan predikat sebagai kota hijau (green city), salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengurangi kecenderungan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi. Caranya bisa dengan membangun sistem angkutan massal, menyediakan jalur khusus kendaraan non-motor (seperti becak atau sepeda), dan menyediakan jalur khusus pejalan kaki secara proporsional.

Ilham menerangkan, ruas jalan dimiliki oleh lima elemen, yakni pengguna kendaraan pribadi, pengguna kendaraan umum, pengguna sepeda motor, pengguna kendaraan non-motor, dan pejalan kaki.

”Jadi, sebuah ruas jalan harusnya dapat memfasilitasi kelima kepentingan pengguna tersebut. Sekarang ini kan tidak demikian. Jadi tercampur-campur penggunanya. Sehingga, terjadi asas ketidakadilan dalam pemanfaatan infrastruktur transportasi yang disediakan oleh pemerintah,” tutur Ilham, Selasa (11/8).

Oleh karena itu, lanjut Ilham, konsep pembangunan kota tersebut harus diubah atau dibenahi. ”Untuk jalur sepeda, saat ini sangat relevan untuk disediakan di Kota Bandar Lampung. Syaratnya, jalur sepeda tersebut harus terpisah dengan jalur kendaraan bermotor. Nah, pemisahnya adalah media atau pembatas. Yang jelas, bukan sekadar tanda atau garis cat,” tuturnya.

Sebenarnya, tambah Ilham, dalam Dokumen Rencana Induk Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Bappeda Bandar Lampung, ada 10 program pembenahan dalam sektor transportasi. Di antaranya adalah penyediaan jalur khusus untuk pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor.



Tags: lampung

Share This Post:

Info Terkait

Bandar Lampung Kota Ke- 3 Gunakan ATCS

BANDAR LAMPUNG Kondisi lalu lintas di Kota Badarlampung saat ini semakin padat. Akibatnya hampir seluruh ruas jalan di Kota Tapis Beseri ini selalu...Detail

Jokowi Resmikan Dermaga VI dan 3 Kapal Baru di Bakauheni

BAKAUHENI — Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian tiga kapal baru sekaligus peresmian dermaga VI Pelabuhan Bakauheni, Sabtu...Detail


Lihat Komentar

Via Website : 0


Facebook Komen :

Komentar Anda :



Kategori

Info Terakhir

Subscribe

Kontak Kami
Popular Tags

Dinas Lampung

Foto Galeri